6 Tanda Seseorang yang Mewarisi Surga Firdaus


Apa yang ada dipikiranmu tentang surga ? bagaimanakah gambaran surga di hidupmu ? semua manusia sangat mendambakan surga, dimana tempat untuk hidup dan tinggal selama-lamanya, yang  indah dan penuh nikmat, anugerah dari Allah kepada umat muslimin yang taat kepada perintah-perintah Allah. 

Tahukah kamu 5 tanda seseorang yang mewarisi surga firdaus ?
Dalam surat Al-Mu’minun  1-11, Allah SWT berfirman, “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman.”(1)

Siapakah orang mukmin tersebut ? simak ulasannya…

1.      Orang yang salatnya khusyuk.

Dalam surat Al-Mu’minun ayat 2 yang memiliki makna “(yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya.” . Yaa…  memang sulit untuk mendirikan  salat dengan khusyuk karena bisikan setan yang menggoda agar membuat pikiran kamu  entaahh kemanaaa…. Tapi berusahalah agar tetap khusyuk yaa.. yakin.. kamu bisaa..

2.      Meninggalkan gurauan yang membuat lupa dari Allah

Seringkali gurauan kamu dan teman-temanmu terlalu berlebihan, sampai-sampai melampaui batas, memang  “semua itu hanya sebatas gurauan” terucap di bibirmu tapi tahukah kamu terkadang gurauan berlebihan juga tak baik loh.. seperti yang dijelaskan dalam  surat Al-Mu’minun ayat 3 : “Dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna”. Yaa.. itu adalah sambungan dari ayat sebelumnya, kamu bisa menjadi salah satu  ciri orang  muk’min yang dijelaskan dalam surat Al-Mu’minun ini apabila kamu dapat menghindarkan gurauan yang tak berguna apalagi sampai-sampai jika menimbulkan masalah, sebaiknya hindarkan saja yaa…

3.      Rajin membayar zakat

Yaps.. kita memang dianjurkan untuk bersedekah dan membayar zakat yaa… dan ada masanya membayar zakat itu adalah wajib, kamu tahu sebagian harta yang kamu dapatkan itu terdapat harta/rezeki orang lain loh.. mangkanya kita dianjurkan untuk bersedekah dan membayar zakat.. cuss lanjut dari ayat yang ke-4 berbunyi : “dan orang yang menunaikan zakat.” (Al-Mu’minun:4)

4.      Menjaga kemaluannya

Dan orang yang memelihara kemaluan-nya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak  tercela.” (Al-Mu’minun : 5-6)
Waahh.. ini ni yang benar-benar harus kita jaga, sebenarnya sekarang ini sudah banyak  orang melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya dan hal tersebut sudah tidak lazim lagi dilingkungan kamu mungkin, larangan untuk tidak berzina sudah jelas diterangkan kepada manusia, tapi entah apa yang merasukinya sehingga mengabaikan larangan tersebut dan melakukan hal tersebut yaaa kann itu adalah godaan (setan) yang merasukinya..
5.      Menjaga amanat dan menepati janji.

Waahh…ini juga salah satu hal yang sulit untuk dilakukan yaa sebenarnya, sudah tidak banyak orang-orang yang bisa menjaga amanat dari orang lain dan menepati janji, karena banyak nya seribu alas an dan pada  akhirnya apa yang diamanatkan dan dijanjikan terlewat begitu saja naudzubillah.. ini yang dijelaskan dalam surat Al-Mu’minun:8 :”Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya.”

6.      Memelihara salat

The last…

“Serta orang yang memelihara shalatnya.” (Al-Mu’minun:9)

Warisan bagi orang mukmin

mereka itulah orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (Al-mu’minun:10-11)

Kamu tahu kenapa alas an Allah SWT. memakai kata mewarisi ? besar upah seseorang bergantung kepada pekerjaan yang dia lakukan. Sementara warisan tidak dapat dari hasil keringat manusia. Jadii… warisan adalah pemberian murni dari seseorang kepada ahli warisnya… benar bukan ?

      Nah, Allah menggunakan kata warisan saat berbicara tentang surga karena kenikmatannya tidak sebanding dengan perbuatan kita. Surga adalah murni pemberian  dan rahmat Allah kepada orang yang beriman. Kenikmatannya jauh lebih besar dari sekedar ganjaran dari perbuatan kita.

Itulah surga yang akan Kami Wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.” (Maryam 63)

Jika kita perhatikan, tanda-tanda orang mukmin pada Surat Al-Muminun 1-9 itu diawali dengan salat dan diakhiri dengan salat. Seperti dalam riwayat kita temukan bahwa kelak di Hari Akhir, amalan pertama yang dilihat adalah salat. Jika salatnya diterima maka seluruh amalannya akan diterima. Dan jika solatnya ditolak maka seluruh amalannya akan ditolak. Semoga kita termasuk pewaris surga firdaus.

Sumber :eramuslim

Komentar

Postingan Populer