Tips memperbaiki diri






Sebagai manusia yang diciptakan penuh dengan kekurangan pastinya kamu dan kita semua ingin menjadi seorang yang lebih baik bukan ? dengan masa lalu yang membawa kamu ingin menjadi sesosok orang yang lebih berharga dan lebih baik, bukan hanya di mata orang lain namun yang utama yaitu baaik di mata Allah..
Nahh… disini saya akan membagi 3 tips bagaimana sih caranya kamu bias memperbaiki diri, baca sampai selesai yaa…

1.      Cinta Taubat

Imam Al-Ghazali pernah berkata : “jika kamu bertaubat sehingga taubat itu gugur dan kamu kembali melakukan dosa, maka bergegaslah bertaubat kembali! Katakanlah pada dirimu : “Semoga aku mati sebelum sempat mengulangi dosa kali ini…”


Nah, dari perkataan Imam Al-Ghazali sudah jelas, manusia tak luput dari dosa, dan hampir rata-rata setiap hari melakukan dosa, tak cuma kamu, semua manusia sekalipun yang baik juga melakukan dosa, seperti yang diketahui godaan setan itu ada dimana-mana, dan terkadang kita lengah akan nafsu dan godaan tersebut, percaya deh semua itu riil tanpa rekayasa yang tidak bisa dihindari benar kan ?

Oleh karena itu, untuk menghindari perbuatan maksiat dan hal-hal negatif , walaupun kamu tidak sengaja melakukannya ada baiknya kamu lebih mendekatkan diri kepada Sang Kuasa seperti beristigfar “Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillahu Allahu akbar” dan solawat nabi “Allahumma solli ala sayyidina Muhammad “ jika perlu sebanyak 100 kali ataupun jika kamu masih dalam proses tidak mencapai target tidak apa-apa asalkan rutin setiap hari beristigfar dan jangan lupa panjatkan solawat kepada Nabi, hikmah dari solawat itu banyaaakk loh.. (nanti akan saya bahas di konten selanjutnya ya,, )https://klikmajalahislam.blogspot.com/2019/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

2.      Menjaga Sholat Wajib


Kamu pasti sudah tahu kan sholat 5 waktu itu wajib, yak.. jika kamu ingin menjadi pribadi yang lebih baik, jangan lupa atas sang pencipta, selalu mendekatkan diri kepada-Nya, meminta pertolongan-Nya dalam setiap doa, aneh dong, jikalau kamu melaksanakan sunah-sunah rasul tapi kamu tidak melaksanakan kewajibanmu sebagai muslim yaitu sholat, masa iya sholat sunah dikerjakan tapi sholat wajib ditinggalkan, aneh kan ?,, perlahan-lahan dengan hati dan tekad yang kuat Insya Allah kamu akan terbiasa, walaupun awalnya berat untuk menegakkan sholat wajib yakinlah jika rutin terus menerus, sholat 5 waktu kamu akan terjaga, malah jika tidak sholat merasa resah dan ada yang kurang.. yaaa itulah  yagn dikatakan pepatah “alah bisa karena biasa” benar kan ? pastinya dong.

3.      Mohon kepada Allah agar didekatkan dengan teman yang baik

Lingkungan pastinya akan berpengaruh oleh kebiasaan kamu sehari-hari, dan itu akan menentukan perilaku kamu menjadi baik atau malah bertambah buruk, seperti kalimat “Jika kamu berteman dengan penjual minyak wangi maka kamu akan kecipratan wangi nya, dan apabila kamu berteman dengan seorang pandai besi maka kamu bisa jadi akan kecipratan apinya”  nah, bisa dibayangkan jika lingkungan kamu dipenuhi dengan orang yang suka merokok, berjudi, ataupun kebiasaan ibu-ibu yaitu bergosip itu kan termasuk hal yang tidak baik yaa.. jadi alangkah baiknya kamu menghindari hal-hal tersebut. Namun, apabilah kamu berteman dengan penghafal Al-Quran, yang berbudi baik, dan suka menjauhi hal-hal yang tidak baik maka kamu juga akan ikut menjadi pribadi yang baik.
Saya pernah membahas tentang sahabat pembawa surga, yap, jika kita memiliki seorang teman yang baik yang suka menjalankan perintah Allah,  dan apabila dia masuk surganya Allah maka, dia bisa membawa kamu menuju surga. Pasti kamu tahu mana yang baik mana yang buruk, didunia saja sudah jelas jika teman yang tidak membawa manfaat seperti berhura-hura walaupun kamu masih  muda tapi umur tidak ada yang tahu kan ? nah. Berhura-hura juga merupakan perbuatan setan, so, apabila kamu memiliki teman yang baik tentunya dia akan mengajak kamu beribadah, bersedekah, menghafal, dan tidak lupa juga apabila kamu dalam menghadapi masalah dia akan membantu dan memberi sebuah motivasi yang positif dan lebih mengingatkan diri akan Allah.

Sudah jelas bagaimana cara kamu agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya bukan.., jadi. Jangan lupa mengingat 3 poin diatas ya.. dan yang lebih penting selalu ingat Allah dimanapun kamu berada,, sertakan hatimu kepada-Nya, Insya Allah Dia akan menjagamu dimanapun kamu,, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih sudah membaca…

Referensi : Haloislam

Komentar

Postingan Populer