Salah Satu Penyebab Matinya Hati Manusia


      Assalamualaikum sobat, hari ini saya mau membagi artikel tentang penyebab matinya hati manusia, berhati-hatilah sobat, jauhilah hal-hal yang menyebabkan hatimu mati, kamu ga mau kan kamu akan menjadi orang yang tidak peduli, dan bisa saja akan dijauhkan oleh Allah, naudzubillah kan, sungguh baaanyaak sekali hal-hal yang merugikan kamu jika satu hal tersebut terjadi yakni akan matinya hatimu, yukk simak ulasannya.

Takabur

Kamu tau takabur kan ? jika belum oke saya akan menjelaskannya, takabur itu memiliki 3 jenis sobat.

Pertama, takabur terhadap Allah SWT. Seperti yang dilakukan oleh Raja Namrud, Firaun dan Abu Lahab, yang tidak mau mengakui akan Allah, tidak percaya bahwa Allah lah Tuhan semesta Alam, dan seperti Firaun, malah mengakui bahwa dia adalah Tuhan

Kedua, Takabur kepada Rasulullah SAW, sehingga jauh dan tidak taat akan ajaran yang disampaikan Rasulullah dan perilaku-perilaku mulia Rasulullah.

Ketiga, takabur kepada sesama makhluk Allah, seperti takabur karena memiliki harta yang banyak, ilmu, amal, dan nasehat dihadapan orang lain. Kamu tau kan, banyak orang diluar sana yang memiliki harta yang melimpah, ilmu yang luar biasa tapi mereka sombong, merasa paling tinggi, paling berkuasa diatas segala-galanya, keras kepala akan nasehat orang lain, mereka jarang mau menerima pendapat orang lain dan merasa dialah yang benar.

Kamu mau tau ga selain yang diatas, terdapat beberapa sikap/perilaku kita sehari-hari yang termasuk berperilaku takabur dan akan membuat hatimu mati juga tentunya, ciri-ciri sifat tersebut ialah…..

1.      Suka memuji diri sendiri.

Nah lo.., sering ga kamu memuji diri kamu sendiri ? kamu tau kan maksudnya gimana ? ya pastinya, jika kamu memiliki kelebihan harta, ilmu pengetahuan yang luas, dan keturunan atau nasab dari orang-orang ternama, duuuhh jika berada diposisi tersebut akankah kamu merasa lebih hebat dibanding orang lain ? atauuu apakah kamu sering menemukan orang seperti itu ? pasti ada yaa..

2.      Merendahkan dan meremehkan orang lain

Sikap ini bisa diwujudkan dengan memalingkan muka ketika kamu bertemu dengan orang yang kamu kenal, maksudnya gimana sih? Kenapa begitu? Iya hal itu disebabkan karena kamu merasa lebih baik dari orang lain, atau kamu merasa hebat disbanding orang yang bertemu denganmu tersebut, gimana ? yaa… saat bertemu kamu pura-pura berpaling dari mereka, tidak menyapa mereka, dan hal-hal serupa begitulah

3.      Suka mencela dan membesarkan kesalahan orang lain.

Seperti yang bersangkutan 2 hal diatas, so pastilah kamu tau orang takabur itu selalu merasa dia yang terbaik, yang mulia, yang benar, dan semua orang dianggap rendah, kecil, hina dan tak bisa melakukan apapun sepertimu. Dan jika kamu bertemu dengan mereka maka kamu sering mencela mereka mereka, dan merendahkan mereka, duuhhh… bahaya banget nih sobat, pasti jika kamu digituin sakit hati kan ? yaa ga pasti sih, itu tergantung kamu nya, tapi ga baik loh begitu, kalo bisa jangan ya sobat.

Berikut bahaya dari sikap takabur :

-          Sikap tercela yang sangat dibenci oleh Allah SWT (QS. Annisa:36)
-          Dibenci oleh orang lain karena keangkuhannya (QS. Lukman:18)
-          Dapat mematikan hati manusia (QS Al Mukmin: 35)
-          Tidak mensyukuri nikmat Allah (QS Al Israa: 83)
-          Akan dimasukkan ke dalam neraka(QS. An Nahl: 29)

Nahh… itulah salah satu hal yang dapat menyebabkan hatimu mati yakni Takabbur dan takabbur memiliki beberapa jenis yang sudah dijelaskan, kamu sudah paham kan? Semoga kita selalu dilindungi dari sifat takabbur yaa.. aamiin

Sumber : eramuslim

Komentar

Postingan Populer